PENDIDIKAN TINGGI ASTRONOMI DI INDONESIA

“PANORAMA: Pendidikan AstroNOmi dan kolaboRAsi di Masa depAn”

 

Dalam rangka memperingati 70 tahun pendidikan tinggi astronomi di Indonesia, Kelompok Keahlian (KK) Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB), akan menyelenggarakan dua macam seminar yaitu:

 

Seminar Pendidikan

Seminar Pendidikan astronomi dalam rangka memperingati 70 tahun pendidikan tinggi astronomi akan menghadirkan pembicara dari berbagai institusi atau lembaga yang kompeten di bidangnya. Seminar Pendidikan yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Oktober 2021 secara daring terbagi ke dalam dua sesi. Paparan di sesi pertama akan disampaikan oleh pembicara dari International Astronomical Union (IAU), Program Studi dan Kelompok Keilmuan Astronomi ITB, program studi di perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan keilmuan astronomi, dan Observatorium Bosscha. Paparan di sesi pertama akan berfokus pada penyampaian perkembangan terbaru di bidang pendidikan astronomi, dan tantangan serta peluangnya di masa depan. Selain itu, sesuai dengan tema yang diusung pada peringatan 70 tahun pendidikan tinggi astronomi, sesi kedua pada kegiatan Seminar Pendidikan akan difokuskan pada paparan-paparan dari institusi/lembaga/perusahaan pemangku kepentingan yang diharapkan menjadi sumber ide-ide kolaborasi yang dapat dikembangkan dalam waktu dekat maupun di masa depan. Pada sesi kedua juga akan dihadirkan institusi/komunitas yang mengambil peranan besar dalam popularisasi dan pemasyarakatan astronomi. Program Seminar Pendidikan dapat dilihat di laman ini.

 

Seminar Panorama Antariksa (SPA) 2021

HAI bekerjasama dengan KK Astronomi, FMIPA, ITB, menyelenggarakan SPA.  Seminar akan dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021 secara daring. Selengkapnya tentang SPA dapat dilihat di laman ini.

Peserta akan mendapatkan sertifikat elektronik untuk setiap seminar yang diikuti.

 

Publikasi

Khusus untuk Seminar Pendidikan, publikasi akan direncanakan berbentuk video.

Sedangkan untuk SPA, makalah-makalah yang telah melalui proses review akan diterbitkan dalam bentuk prosiding* online ber-ISBN. Makalah yang terpilih sebagai selected papers akan direkomendasikan untuk dipublikasikan di Jurnal Matematika dan Sains (JMS); atau Jurnal Wahana Fisika.

*Panitia membuka pemesanan untuk pencetakan sekaligus pengiriman prosiding bagi peserta yang membutuhkan. Besaran biaya akan diberitahukan kemudian setelah jumlah halaman prosiding diketahui.

 

Biaya Seminar

Peserta pendengar di Seminar Pendidikan tidak dipungut biaya.

Peserta pendengar dan/atau pemakalah di SPA: Rp. 100.000 (batas pembayaran: 27 Oktober 2021). Jika diperlukan, pendaftar dapat mengajukan bantuan biaya pendaftaran penuh kepada panitia melalui salah satu kolom pertanyaan di dalam formulir pendaftaran.

Peserta yang ingin mengikuti salah satu atau kedua seminar tersebut perlu mendaftar pada tautan yang disediakan di menu Pendaftaran.

 

Pembayaran

Biaya pendaftaran untuk SPA ditransfer ke rekening:

a.n. Anton Timur Jaelani

Bank: BNI Cabang Perguruan Tinggi Bandung

No. Rekening: 0902758095

Bukti transfer dikirim ke email: pendidikanas70[at]as.itb.ac.id