Online Colloquium
Friday, 28 January 2022, at 01.00-02.00 p.m (UT+7)


Bosscha Observatory Research Programs

Speakers:
Bosscha Observatory Staff

We invite all colloquium enthusiasts to join via the Zoom link (limited to 100 participants)::

https://bit.ly/KolAstro280122
Meeting ID: 974 4785 5462
Passcode: AstroITB

Thank you for your attention and active participation.

Colloquium coordinator,

Dr. Anton Timur Jaelani


Abstract
(in Bahasa Indonesia)

Pada kolokium ini akan diceritakan secara ringkas isi program penelitian di Observatorium Bosscha yang akan dilaksanakan pada tahun 2022 yang sebagian besar merupakan program berkelanjutan, yaitu:

  • Pencarian eksoplanet di gugus bintang: Penelitian ini berupa pengamatan survei variabilitas kecerlangan bintang dalam 3-5 gugus bintang terbuka yang sudah diketahui keanggotaannya. Tujuan utama pengamatan ini adalah menemukan eksoplanet baru di gugus bintang terbuka, dengan pengamatan fotometri diferensial untuk mendeteksi transit eksoplanet dengan periode orbit kurang dari 10 hari.
  • Pengamatan peristiwa okultasi: Program ini berisi aktivitas pengamatan rutin okultasi bintang oleh Bulan, planet dan asteroid, bertujuan untuk deteksikegandaan (konfirmasi maupun deteksi komponen baru) serta morfologi asteroid. Kurva cahaya yang dihasilkan akan di-fit dengan model kurva cahaya berbasis fungsi Fresnel, dengan menggunakan Bayesian Inference untuk menurunkan parameter fisis seperti waktu okultasi, diameter sudut bintang, serta proyeksi separasi sudut komponen bintang ganda.
  • Pengamatan bulan baru: Hilal merupakan kenampakan Bulan sabit pertama setelah konjungsi yang dijadikan salah satu kriteria penentuan peralihan bulan pada kalender Hijriah. Dengan menggunakan instrumen teleskop optik dan dibantu filter inframerah, telah berhasil diamati Bulan sabit dengan elongasi kurang dari 4 derajat untuk posisi Bulan dengan jarak zenith kecil (siang hari).
    Pengamatan ini memberikan masukan yang sangat penting untuk merumuskan kriteria hilal sebagai patokan penentuan tanggal baru dalam kalender Hijriah. Namun sebagaimana definisi hilal yang diterima, yaitu Bulan sabit yang diamati setelah Matahari terbenam, perlu dicari lebih lanjut metode yang paling efektif untuk pengamatan Bulan sabit tipis di daerah sekitar ufuk.
  • Bintang ganda: Penelitian bintang ganda merupakan penelitian amanah awal Observatorium Bosscha dengan instrumen utama berupa Refraktor Ganda Zeiss 60cm. Pada kolokium ini, selain disajikan sekilas status penelitian bintang ganda terkini, juga akan disampaikan rencana strategis pengembangan program penelitian yang mencakup, di antaranya: instrumentasi, database, studi orbit serta layanan kepada masyarakat.
  • Dengan topik besar utama astrofisika bintang, pengamatan spektroskopi di Observatorium Bosscha dilaksanakan untuk beragam jenis objek seperti bintang dengan spektrum emisi, planetary nebulae, dan nova.
  • Digitalisasi plat fotografi sebagai upaya preservasi data pengamatan yang terakumulasi sejak periode awal Observatorium Bosscha, sekaligus menyisir sejarah pengamatan dan kemungkinan mengiterasi pekerjaan riset terdahulu seperti bintang ganda.

Besar harapan kami untuk meningkatkan minat dan keikutsertaan staf dosen dan mahasiswa dalam program penelitian di Observatorium Bosscha.