Selamat Datang di Program Doktoral Astronomi ITB

Program Doktoral

Program Doktor Institut Teknologi Bandung merupakan penghela utama bagi kegiatan penelitian di ITB, sehingga hasil penelitian tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat menumbuhkan dan menajamkan pengetahuan di bidang sains, teknologi, dan seni. Setelah mengikuti pendidikan Program Doktor di ITB, para lulusan diharapkan memiliki pemahaman yang mendalam tentang ilmu pengetahuan dalam bidang studi pilihannya, dan dapat secara mandiri melaksanakan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat serta berkontribusi dalam kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di taraf internasional.

Program Doktor di bidang astronomi berbasis pada penelitian, yaitu mahasiswa Program Doktor melakukan penelitian untuk menyusun disertasi, yang hasilnya merupakan suatu kontribusi dalam astronomi ‘proper’, sebagai suatu karya penelitian yang original. Dengan demikian Kurikulum Program Doktor akan sangat terkait dengan program-program penelitian di bawah payung penelitian Kelompok Keilmuan Astronomi.

Kurikulum program doktor tahun 2013 ditetapkan dengan beban minimal 40 sks, dan merupakan kurikulum yang terpadu, sehingga program doktor merupakan mata rantai yang menerus dari kurikulum program Sarjana dan Magister. Jika peserta ujian penerimaan program doktor mempunyai potensi akademik yang dinilai cukup, namun kemampuan akademik yang dicerminkan dari penguasaan materi dinilai belum cukup, maka peserta tersebut dapat mengikuti perkuliahan tambahan yang diakui dengan beban maksimum 9 sks yang sesuai dengan kebutuhan. Mata kuliah yang diakui dalam program Doktor adalah mata kuliah Pascasarjana.

Untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengikuti program doktor dan melaksanakan penelitian dengan hasil yang berkualitas ilmiah tinggi, maka sebelum melaksanakan program pokok yaitu penelitian, setiap mahasiswa program doktor harus lulus dari ujian kualifikasi. Tujuan Ujian Kualifikasi adalah untuk para mahasiswa program doktor menunjukkan kemampuan melakukan dan menyelesaikan penelitian, yang ditunjukkan antara lain dengan penguasaan yang dalam tentang pengetahuan yang melandasi penelitian, kemampuan menyusun rencana penelitian secara rinci, serta kemampuan lain yang dianggap perlu. Bobot sks ujian kualifikasi ini ditetapkan 3 sks.

Setelah lulus dari ujian kualifikasi, mahasiswa akan berstatus mahasiswa kandidat doktor, dan melaksanakan penelitian secara terstruktur di bawah bimbingan Promotor dan Co-promotor yang telah ditetapkan oleh KPPS Fakultas. Ujian kualifikasi dapat ditempuh antara akhir semester pertama dan akhir semester ke-empat, sejak diterima sebagai Mahasiswa Program Doktor. Ujian Kualifikasi dapat ditempuh maksimum 2 kali. Kegiatan penelitian dimulai dengan studi awal penelitian, penyusunan proposal, dan presentasi proposal, dengan beban 5 sks, yang dirancang untuk diselesaikan dalam 1 semester. Setelah proposal disetujui, kegiatan penelitian dilaksanakan secara terstruktur dan dievakuasi secara berkala dalam bentuk seminar dan laporan kemajuan penelitian pada setiap semester, selama 5 semester, dengan beban masing-masing semester sebesar minimum 5 sks. Setiap laporan kemajuan penelitian disampaikan dalam suatu seminar terbuka yang melibatkan KPPS. Pada semester akhir tahun ketiga mahasiswa kandidat doktor menempuh sidang doktor untuk mempertahankan disertasinya, dengan beban sebesar 3 sks. Perkiraan lama studi normal bagi program pendidikan doktor adalah 6 semester.

Hasil Pembelajaran

Setelah sepenuhnya memenuhi semua persyaratan studi, siswa yang telah menyelesaikan Program Sarjana mereka di Astronomi mampu:

  1. Memahami pengetahuan dasar tentang ilmu alam dalam hal hukum dasar dan logika hubungan matematika.
  2. Mengidentifikasi dan memecahkan masalah ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah dalam etika profesional.
  3. Alasan kerja alam semesta dan isinya (sistem planet, sistem bintang, alam galaksi) melalui astronomi dan astrofisika.
  4. Melakukan tugas-tugas astronomi dasar: untuk mengumpulkan data pengamatan menggunakan teleskop, untuk menganalisis dan menginterpretasikan data.
  5. Menerapkan metode ilmiah didirikan menggunakan fisika maju, matematika, dan perhitungan dalam memecahkan masalah astronomi dan astrofisika.
  6. Jelajahi subyek interdisipliner dan teknologi di bidang yang berhubungan dengan astronomi.
  7. Mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan ilmiah mereka dalam presentasi lisan dan laporan tertulis.
  8. Mengenali masa lalu / sekarang / misi masa depan ilmiah dan eksplorasi, ketersediaan data ilmiah, dan komunitas yang relevan.
  9. Bekerja secara etis sebagai individu maupun sebagai tim dan mengembangkan sikap yang baik terhadap kerjasama.
  10. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan menerapkan pemikiran ilmiah dalam berbagai tempat kerja dan berbagai tantangan kontemporer.
  11. Kenali tempat dan peran astronomi dalam peradaban manusia dan mempertahankan antusiasme yang kuat dalam ilmu.

Selain hasil pembelajaran di atas, mayoritas lulusan astronomi memiliki pemahaman yang baik tentang peran astronomi dalam pendidikan sains dan terlibat dalam berkomunikasi ilmu pengetahuan untuk masyarakat umum. Siswa juga memiliki pengetahuan dasar dan keterampilan yang dibutuhkan untuk studi tingkat Master.

Kurikulum 2013 Program Doktoral Astronomi ITB

 

Mata Kuliah Wajib

No Code Name SKS
1 KU7080

Filsafat Sains

2
2 AS7060

Metodologi Penelitian

(Methods in Research)

3
3 AS7091 Ujian Kualifikasi*) 3
4 AS7092 Penyusunan Proposal 3
5 AS8093 Penelitian & Seminar Kemajuan I 5
6 AS8094 Penelitian & Seminar Kemajuan II 5
7 AS9095 Penelitian & Seminar Kemajuan III 5
8 AS9096 Penelitian & Seminar Kemajuan IV 5
9 AS9097 Ujian Disertasi 3

*) Ujian Kualifikasi dilakukan paling lambat dalam Semester 2

Mata Kuliah Pilihan

No Code Name SKS
1 AS7010 Kosmologi**) 3
2 AS7020 Fisika Galaksi**) 3
3 AS7030 Fisika Bintang**) 3
4 AS7040 Fisika Tata Surya**) 3

**) Jumlah sks mata kuliah pilihan wajib astronomi sesuai rekomendasi dosen wali atau promotor; maksimum 6 sks, dan selebihnya dapat diambil sebagai pilihan jika dikehendaki. Bagi mahasiswa program doktor yang bukan berasal dari S2 Astrofisika Lanjut atau yang lulus dari Astrofisika Lanjut lebih dari 5 tahun, wajib mengambil semua mata kuliah pilihan.

Pendaftaran

Masuk ke program sarjana kami dilakukan secara terpusat oleh ITB dan komite nasional pada seleksi mahasiswa untuk studi di universitas. Manajemen penerimaan mahasiswa untuk semua fakultas dan sekolah dalam ITB adalah terpusat terorganisir di Direktorat Pendidikan ITB. Sejak 2011, ITB telah menggunakan tingkat nasional sistem penerimaan mahasiswa. Panitia penerimaan nasional terdiri dari semua delegasi universitas negeri.

Berdasarkan peraturan dari Departemen Pendidikan No. 034/2010, penerimaan mahasiswa untuk perguruan tinggi negeri dikategorikan menjadi dua jenis:

  1. Siswa masuk berdasarkan tes tertulis dan keterampilan
  2. Siswa masuk berdasarkan kinerja akademis (non-ditulis dan uji keterampilan)

Mulai dari tahun 2008, semua siswa yang diterima baru terdaftar di fakultas / sekolah ITB. Mahasiswa baru tidak langsung masuk program studi. Setelah satu tahun di tingkat persiapan umum, siswa memasuki program studi. Karena kapasitas masing-masing program studi terbatas, fakultas / sekolah mengembangkan kriteria tertentu untuk setiap program studi.
Detil informasi untuk siswa internasional, silakan merujuk

International Relation Office