Momen-momen gerhana. (Sumber: NASA)

Sabtu lewat tengah malam tanggal 28 Juli 2018, kita bisa menyaksikan gerhana bulan total yang akan berlangsung selama 107 menit. Gerhana bulan kali ini terjadi saat Bulan berada pada titik terjauhnya dari Bumi (apogee) sekaligus memasuki fase purnama. Oleh karena itu lah ukuran Bulan akan terlihat 14% lebih kecil dan disebut pula sebagai micro-moon. Bulan akan memasuki titik apogee hari ini (tanggal 27 Juli 2018) pada pukul 12.44 WIB dan akan mengalami gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan total sendiri akan berlangsung pada Sabtu dini hari (tanggal 28 Juli 2018) dari pukul 02.30 WIB hingga 04.13 WIB.

Bulan akan terlihat berwarna merah selama gerhana total berlangsung. Warna merah diakibatkan adanya pembiasan cahaya Matahari oleh atmosfer Bumi sehingga hasil pembiasan tersebut akan menimpa Bulan yang sedang berada pada fase purnama. Oleh karenanya fenomena ini disebut pula sebagai blood-micro-moon. Di samping itu, gerhana bulan total malam ini menjadi gerhana yang terpanjang selama abad ke-21. Hal tersebut bukan hanya dikarenakan jarak Bulan yang berada di titik apogee, melainkan juga dikarenakan lintasan Bulan dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan Bumi. Dengan adanya dua faktor tersebut purnama berada di dalam bayangan Bumi lebih lama dari gerhana bulan pada umumnya.

 

Peta visibilitas gerhana bulan 28 Juli 2018. (Sumber: NASA)

 

Namun hal menarik dalam fenomena langit malam ini bukan hanya karena panjangnya durasi gerhana bulan total saja. Bersamaan dengan Bulan yang mencapai puncak gerhana akan terlihat pula planet Mars yang berada pada fase oposisi, yaitu suatu kondisi di mana Mars berada pada posisi berlawanan dari Matahari. Pada fase ini Mars dan Bumi berada pada jarak 57.7 juta km dan akan mencapai jarak terdekat dengan Bumi pada 31 Juli 2018.

Planet Mars akan terbit 20 menit setelah gerhana bulan total terjadi dan terlihat sebagai titik merah terang di sebelah kiri Bulan. Kedua objek tersebut akan terlihat sama-sama merah meski dengan ukuran yang jauh berbeda. Di samping itu pula, pada bagian atas Bulan yang sedang berwarna merah juga akan terjadi hujan meteor dari Southern Delta Aquarids dan Piscis Austrinis.