poster acara2Dalam rangka memperingati Pekan Antariksa Dunia 2010 dan ulang tahun Himpunan Mahasiswa Astronomi (HIMASTRON) ITB yang ke-45, HIMASTRON ITB mengadakan acara yang bertajuk Khatulistiwa : Astronomi Indonesia Dulu, Kini, dan Esok. Acara yang akan diadakan pada tanggal 2 – 7 Oktober 2010 ini akan diisi oleh berbagai acara dari pameran foto dan lukisan sampai Grand Talk Show yang menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai bidang.

Rangkaian acara yang akan digelar antara lain adalah :
–    Grand Talk Show : Astronomi dan Indonesia (Sabtu, 2 Oktober 2010)
–    Talkshow : Global Warming vs. Global Cooling (Sabtu, 2 Oktober 2010)
–    Kuliah Umum : Mitologi Konstelasi (Senin, 4 Oktober 2010) dan Exoplanet and Life (Selasa, 5 Oktober 2010)
–    Observasi Matahari (Minggu, Senin, dan Selasa ; 2, 4, dan 5 Oktober 2010)
–    Observasi Malam (Senin – Kamis, 4 – 7 Oktober 2010)
–    Pameran Foto, Lukisan, dan Poster Astronomi
–    Astrokids

Dalam kegiatan observasi Matahari akan disiapkan enam teleskop berfilter untuk pengamatan dan dua teleskop untuk observasi malam. Acara observasi, baik observasi Matahari maupun observasi malam, masyarakat yang datang tidak akan dipungut bayaran. “Sejauh ini (27/09/2010) persiapan acara secara keseluruhan sudah kurang lebih 80%,” begitu tutur Prahesti Husnindriani (AS08), ketua umum acara, ketika ditemui di sekretariat HIMASTRON.

“Di seluruh Asia Tenggara ini, hanya Indonesia yang memiliki warisan Astronomi yang memiliki pengaruh di dunia. Ingin tahu lebih lanjut kisahnya? Mari kita ramaikan acara Khatulistiwa ini demi Astronomi dan Indonesia yang lebih baik. Ayo datang dan ramaikan, karena acara ini hanya ada di HIMASTRON ITB.”

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai kegiatan acara dan pendaftaran untuk berbagai Talk Show dan Kuliah Umum, dapat dilihat di website acara : http://khatulistiwa2010.com. (JS)