Kunjungan Kuliah Fisika Matahari ke SPD LAPAN Tanjungsari

oleh | Jun 10, 2010 | Berita | 0 Komentar

Fisika Matahari merupakan salah satu mata kuliah pascasarjana yang dibuka oleh Program Studi Astronomi pada semester genap pada setiap tahunnya. Peserta mata kuliah yang sebagian besar merupakan mahasiswa program sarjana, ditemani dengan dosen pengajarnya, Dr. Dhani Herdiwijaya pada hari Kamis, 27 Mei 2010 yang lalu mengadakan kunjungan ke SPD Lapan Tanjungsari. Peserta berkumpul jam 08.00 WIB untuk kemudian berangkat bersama menggunakan bus ITB.

Kegiatan yang dilakukan oleh peserta kuliah Fisika Matahari di SPD Tanjungsari antara lain adalah berkeliling lingkungan SPD untuk melihat instrumen-instrumen yang terdapat di sana, sekaligus melihat cara kerjanya. Selain itu, bila langit cerah dan memungkinkan, dilakukan pengamatan Matahari menggunakan teleskop optik. Akan tetapi, menjelang siang, langit tertutup awan sehingga pengamatan Matahari tidak dapat dilakukan.

SPD Tanjungsari tahun ini baru saja memperbaiki salah satu instrumennya, yaitu radio spektrograf, akan tetapi belum lama ini, salah satu antenna dari radio spektrograf tersebut terkena petir, sehingga hanya satu antenna saja yang masih berfungsi dan berjalan baik. Fungsi utama dari radio spektrograf adalah merekam sinyal Matahari pada frekuensi-frekuensi tertentu, memantau flare Matahari, dan memprediksi kecepatan solar wind. Semua data Matahari yang didapat setiap harinya segera dikirim ke LAPAN Pusat untuk diarsipkan dan didistribusikan melalui situs resmi LAPAN yang dapat diakses oleh umum.

Kegiatan kunjungan ke SPD Tanjungsari selesai sekitar jam 14.00 WIB, dilanjutkan dengan berburu ubi cilembu dan tahu sumedang. (JS)