Malam Umum Observatorium Bosscha Pertama di Tahun 2010

oleh | May 3, 2010 | Berita | 0 Komentar

malam-umum2010Sejak dibangun pada tahun 1923, Observatorium Bosscha memiliki fungsi utama sebagai observatorium riset yang memfokuskan kegiatan pada penelitian Astronomi. Namun seiring dengan perkembangan zaman, minat masyarakat Indonesia terhadap Astronomi tidak cukup terfasilitasi karena sedikitnya lembaga pendidikan dan pengetahuan Astronomi di negara ini. Observatorium Bosscha sebagai satu-satunya observatorium di Indonesia pun pada akhirnya membuka pintu untuk menjawab rasa ingin tahu masyarakat tersebut.

Salah satu bentuk kegiatan penyediaan informasi Astronomi yang diselenggarakan oleh Observatorium Bosscha adalah malam umum. Malam umum diadakan setiap tahunnya pada Bulan April sampai Oktober, kurang lebih tiga malam setiap bulannya. Kegiatan yang dapat diikuti dalam malam umum ini antara lain adalah mengunjungi teleskop Zeiss, presentasi info-info Astronomi di ruang multimedia, mengunjungi World Wide Telescope, serta pengamatan objek-objek langit malam dengan Teleskop Unitron dan Teleskop Bamberg. Kegiatan pengamatan sangat bergantung pada kondisi langit pada malam, apakah cerah atau mendung.

Malam umum pertama di tahun 2010 dilaksanakan pada tanggal 20, 21, dan 23 April 2010 yang lalu. Rangkaian kegiatan malam umum dimulai pada pukul 17.00 sampai 20.00 WIB. Animo masyarakat sangat tinggi menanggapi kegiatan tersebut, hal ini tampat dari pengunjung yang datang tidak hanya dari Bandung saja, tetapi banyak dari luar kota, bahkan dari luar pulau. Pengamatan objek langit malam menggunakan teleskop tidak dapat dilakukan karena kebetulan ketiga hari tersebut langit tidak bersahabat. Meskipun tidak bisa meneropong bintang menggunakan teleskop, pengunjung tetap antusias bertanya dan mengambil gambar

“Masyarakat masih antusias mengunjungi Bosscha, mereka juga ingin mendapat pengalaman meneropong bintang,” ungkap Evan Irawan Akbar, person in charge public service Observatorium Bosscha yang diwawancara seusai malam umum diadakan. “Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung malam umum yang rata-rata lebih dari 200 orang,” lanjutnya. (JS)