Sebagai bentuk perwujudan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Observatorium Bosscha, setiap tahunnya diadakan malam umum yang terbuka untuk seluruh masyarakat dari berbagai kalangan. Kegiatan yang dapat diikuti oleh para pengunjung malam umum antara lain adalah : mendapat info astronomi dan sejarah Observatorium Bosscha di ruang multimedia, mengunjungi teleskop Zeiss, meneropong menggunakan teleskop Unitron dan Bamberg, serta mengunjungi teleskop surya. Malam umum terbatas hanya untuk 200 orang setiap kali diadakan dan hanya diadakan 3 kali dalam sebulan.
Pada tahun 2010, malam umum hanya diadakan pada bulan April, Mei, Juni, Juli, September, dan Oktober. Pemilihan jadwal tersebut disesuaikan dengan musim kemarau, yaitu musim yang baik untuk melakukan pengamatan, karena pengamatan Astronomi sangat bergantung pada cuaca dan kondisi langit.

Cuaca dan kondisi langit pada tahun 2010 sangat tidak menentu, sehingga hampir setiap malam umum sejak bulan April, langit selalu mendung sehingga pengunjung yang datang tidak dapat meneropong menggunakan teleskop yang ada. Kesempatan terakhir untuk berkunjung ke Observatorium Bosscha di malam hari di tahun 2010 adalah Bulan Oktober ini. Malam umum akan diadakan tanggal 14, 15, dan 19 Oktober 2010. Pihak observatorium pun berharap agar pada malam umum terakhir di tahun 2010 ini, cuaca akan baik sehingga pengunjung dapat menikmati kegiatan yang ditawarkan secara maksimal. Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut silakan hubungi 022-2786001 atau kunjungi web site http://bosscha.itb.ac.id/kunjungan. (JS)