Pengamatan Hilal Astronomi Ramadhan 1431H

oleh | Sep 21, 2010 | Berita | 0 Komentar

hilal2Selama Bulan Suci Ramadhan 1431H/2010, Observatorium Bosscha bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) mengadakan kembali pengamatan hilal di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Pengamatan hilal yang diadakan akan dilaksanakan dua kali, yang pertama untuk menentukan hari pertama Bulan puasa dilakukan pada 9-12 Agustus 2010 yang lalu dan untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri yang akan dilakukan pada 7-10 September 2010.

Pengamatan hilal yang dilakukan melibatkan staf Astronomi ITB, mulai dari mahasiswa sarjana, mahasiswa pascasarjana, sampai dosen. Selain itu beberapa staf dari Kemenkominfo, dan pihak daerah setempat pun ikut terlibat. Instrumen yang digunakan antara lain adalah teleskop, kamera dan/atau video, serta laptop untuk koneksi internet. Selain itu, tersedia tayangan tayangan langsung hilal yang dapat diakses pada website http://hilal.depkominfo.go.id  dan http://bosscha.itb.ac.id/hilal. Layanan informasi hilal tersebut terselenggara berkat kerja sama antara PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Pengamatan hilal untuk menentukan hari pertama puasa yang lalu (9-12 September 2010) dilakukan di 12 daerah, tersebar dari Sabang sampai Merauke. Daerah-daerah yang dipilih adalah daerah-daerah yang dinilai baik untuk pengamatan hilal tentunya dengan visibilitas ke arah Barat yang cukup baik. Daerah-daerah tersebut adalah : Observatorium hilal Lok Ngah – Aceh, Pekanbaru – Riau, Anyer – Banten, Bosscha – Bandung, UPI – Bandung, Condrodipo – Gresik, Bukit Belabelu – Yogyakarta, Pantai Barat Kupang – NTT, Mataram – NTB, Tenggarong – KalTim, Lantai atas MTB – Makasar, dan Biak – Papua. Berdasarkan pengamatan hilal yang dilakukan, hari pertama puasa di Bulan Ramadhan ini adalah hari Rabu, 11 Agustus 2010.

Pada tanggal 7 Agustus 2010 yang lalu, tim yang dikoordinator oleh M. Yusuf, S.Si kembali berangkat ke berbagai daerah untuk melakukan pengamatan hilal. Lokasi pengamatan hilal untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1431H dilakukan di 11 tempat berbeda, yaitu :

1.    UIN Suska, Pekanbaru – Riau
2.    RHI Yogyakarta, Kanwil Kemenag DIY – DI Yogyakarta
3.    Surabaya – Jawa Timur
4.    Universitas Hasanudin – Sulawesi Selatan
5.    Lombok – Nusa Tenggara Barat
6.    BHR Kanwil Kemenag NTT – Nusa Tenggara Timur
7.    SPD Lapan, Biak, Kanwil Kemenag Biak-Numfor – Papua
8.    Observatorium Bosscha, Lembang – Jawa Barat
9.    UPI – Jawa Barat
10.    SPD Lapan, Pameungpek, Garut – Jawa Barat
11.    Islamic Center, Samarinda – Kalimantan Timur

Lokasi pengamatan hilal ini berbeda dengan lokasi sebelumnya, karena beberapa tempat dirasa sudah mandiri dalam melakukan pengamatan hilal astronomi. Pada dasarnya tugas dari tim hilal yang dikirim ke berbagai daerah adalah membimbing dan mensupervisi pengamatan di daerah setempat agar para pengamat setempat dapat melakukan pengamatan hilal astronomi yang benar secara mandiri. (JS)