Pada periode 5 Desember 2011 – 24 Februari 2012 yang lalu, alumni S1 Program Studi Astronomi ITB, Janette Suherli berkesempatan untuk mengikuti program Student Fellowship di Australian Astronomical Observatory (AAO), Sydney, Australia. Program tersebut setiap periodenya menerima hanya dua sampai tiga peserta bidang Astronomi dan tiga peserta bidang teknik dari seluruh dunia. Pada kesempatan tersebut, Janette terpilih menjadi wakil Indonesia, bersama dengan Kieran Leschinski dari Australia dan Adam Stevens dari Selandia Baru untuk bidang Astronomi.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi sarjana Astronomi dan teknik untuk memiliki pengalaman riset bersama dengan orang-orang terbaik AAO. Selama tiga bulan, masing-masing peserta dengan pembimbing yang berbeda, mengerjakan topik riset yang berbeda pula.

Janette di bawah bimbingan Dr. Chris Lidman dan Dr. Sarah Brough melakukan riset mengenai brightest cluster galaxies (BCGs) di gugus-gugus galaksi jauh. Teori yang ada menyatakan bahwa galaksi yang ada sekarang berawal dari fluktuasi kecil pada kumpulan materi dan terus bertambah massa bintangnya seiring waktu dan massa bintang pada BCGs berevolusi secara signifikan. Model ini telah sukses selama ini memprediksi berbagai sifat galaksi yang diamati di alam semesta. Akan tetapi, dari hasil berbagai pengamatan, pertumbuhan massa pada BCGs tergolong sangat kecil dan tidak sesuai dengan model yang berlaku. Oleh karena itu, riset ini dilakukan untuk memberikan kejelasan pada model serta menambah sampel data untuk galaksi-galaksi dengan redshift tinggi (berjarak jauh dari Bumi).

Selama program, peserta dituntut untuk mahir menggunakan bahasa pemrograman python dalam sistem operasi Linux. Dalam risetnya, Janette banyak membuat script dalam python untuk pengolahan data dan analisis. Selain itu, digunakan juga program Source Extractor (SExtractor) untuk mengolah citra gugus galaksi yang ada. Hasil dari riset ini akan dipublikasikan pada jurnal Astronomi internasional pada pertengahan tahun 2012 yang akan datang. [JS]