Program Sarjana

Program Studi Sarjana Astronomi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung menyelenggarakan proses pendidikan tingkat sarjana dalam bidang ilmu astronomi. Program Studi Sarjana Astronomi, FMIPA, Institut Teknologi Bandung merupakan satu-satunya program studi astronomi di Indonesia yang didirikan pada tahun …. Program Studi Sarjana Astronomi ITB terakreditasi A oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan memperoleh akreditasi internasional ASIIN sejak tahun 2014 untuk kurun waktu 2014-2019.

Program Studi Astronomi FMIPA-ITB oleh didukung oleh 20 orang staf pengajar yang sebagian besar bergelar doktor dan satu orang Guru Besar. Selain itu, juga ditunjang oleh laboratorium-laboratorium modern dan fasilitas perpustakaan yang memadai sehingga memungkinkan terciptanya suasana akademik yang kondusif dan karya penelitian yang berkualitas.

Adapun visi, misi dan tujuan Program Studi Sarjana Astronomi adalah sebagai berikut:

Visi

Menjadi wadah pendidikan tinggi bagi astronomi yang terkemuka dan perintis dalam kontribusinya di bidang astronomi, astrofisika dan ilmu-ilmu multi-disiplin yang terkait, bagi kesejahteraan bangsa dan fokus utama perkembangan keilmuan astronomi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana terbaik dalam bidang astronomi dan astrofisika untuk menghasilkan lulusan berkarakter dan berdaya saing global.
  2. Melaksanakan penelitian berkualitas dan terdepan dalam bidang astronomi dan astrofisika.
  3. Melaksanakan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan kepakaran bidang astronomi dan astrofisika bagi kesejahteraan masyarakat.

Ketua Program Studi

Dr. Budi Dermawan