Program Studi Astronomi

Sejarah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) didirikan jauh sebelum ITB diresmikan tanggal 2 Maret 1959, yaitu pada tanggal 6 Oktober 1947 sebagai Faculteit van Exacte Wetenschap dari Universiteit van Indonesie yang kemudian berkedudukan di Jalan Tamansari Nomor 64 Bandung (sekarang Rektorat ITB) yang kemudian menjadi Faculteit van Wiskunde en Natuur Wetenschap, selanjutnya menjadi Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Pengetahuan Alam (FIPIA) dan sekarang menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pada saat ini FMIPA-ITB memiliki kekuatan yang merupakan kombinasi beberapa cabang tradisional matematika dan sains dalam beberapa kelompok keilmuan yang diselenggarakan dalam 13 program studi yaitu:

  • Astronomi (Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor)
  • Matematika¬†(Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor)
  • Aktuaria (Program Magister)
  • Fisika¬†(Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor)
  • Kimia¬†(Program Sarjana, Program Magister, Program Doktor)

Keberadaan Program Studi Astronomi di Institut Teknologi Bandung secara historis tidak dapat dipisahkan dengan didirikannya Observatorium Bosscha ITB pada tahun 1923. Secara resmi program studi Astronomi didirikan pada …. dengan surat keputusan dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi saat itu yaitu (namanya siapa?), Nomor: —- pada ….

Visi

Menjadi perintis dalam kontribusinya di bidang astronomi, astrofisika, dan ilmu-ilmu multidisiplin yang terkait, bagi kesejahteraan bangsa dan fokus utama perkembangan kelimuan astronomi. Visi Program Studi Astronomi ini bersinergi dan terintegratif bersama-sama dengan Progam Studi Magister dan Doktor Astronomi, sebagai satu-satunya institusi pendidikan tinggi bidang astronomi di Indonesia. Visi PS Astronomi dalam pengertian terkemuka adalah menjadi wadah pendidikan tinggi bidang Astronomi yang terkemuka dalam lingkungan regional dengan standar internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana terbaik dalam bidang astronomi dan astrofisika untuk menghasilkan lulusan berkarakter dan berdaya saing global.
  2. Melaksanakan penelitian berkualitas dan terdepan dalam bidang astronomi dan astrofisika.
  3. Melaksanakan pelayanan publik dan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan kepakaran bidang astronomi dan astrofisika bagi kesejahteraan masyarakat.